Jalan-Jalan ke Toko Buku di Wilayah yang Pernah Saya Kunjungi

Yang menarik dari perjalanan adalah pengalaman dan pemandangan. Pengalaman dari perjalanan dapat memberikan dan memperluas wawasan kita. Sementara pemandangan dapat memberikan asupan "kesegaran" dari aktivitas keseharian, terutama bagi pekerja seperti saya. Ada satu lagi hal menarik dari sebuah perjalanan, yaitu buku. Baik buku cetak maupun buku elektronik, keduanya sama menariknya buat saya. Buku bagi saya sebagai suplemen bagi wawasan dan juga cara pandang berbeda. Oleh karena ketertarikan saya pada buku, istri saya pun pernah komplain mengenai ketertarikan saya pada buku. Setiap kali melakukan perjalanan, bila ada kesempatan dan waktu luang, biasanya saya bakal keluyuran mencari toko buku.

Cuci Gudang di TB Gramedia Kota Pekanbaru, Provinsi Riau Tahun 2019 (Copyright: Febri Aryanto)

Bagi saya, dengan browsing-browsing buku di toko buku dapat menjadi riset kecil untuk mengetahui benang merah atau keterkaitan dari beberapa buku dengan tema yang sama. Gara-gara aktivitas "riset" ini, sering kali saya menghabiskan waktu berjam-jam berdiri menjelajahi rak-rak buku di toko buku.

Berikut ini saya akan menceritakan secara singkat beberapa pengalaman ke toko buku-toko buku di tempat yang pernah saya sambangi selama melakukan jalan-jalan sebelum pandemi Covid-19.

Toko Buku di Kota Yogya

Kota pelajar ini pernah saya kunjungi di tahun 2016. Untuk kota yang selalu saya rindukan ini, satu toko buku yang ada yaitu Gramedia. Terletak di jalan Sudirman. Karena posisinya yang berada di jalan utama sebuah kota, toko buku ini punya modal strategis untuk dikunjungi. Saat di sana saya menginap di Swissbel Boutique Hotel dan hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja dengan berjalan kaki untuk mencapai toko buku ini karena cuma menyeberang jalan saja di perempatan lampu lalu lintas. Selama 3 hari menginap di hotel, beberapa kali saya bolak balik ke toko buku ini.


Toko Buku di Kota Pekanbaru

Toko buku di Pekanbaru hanya satu saja yang pernah saya kunjungi, yaitu Toko Buku Gramedia di Jalan Sudirman, kembali toko buku ini punya modal posisi yang strategis. Jika dari penginapan hotel Premiere, kurang lebih 15 menit berjalan kaki. Saat di sana di tahun 2019 yang lalu, saya mendapatkan keberuntungan karena sedang toko buku tersebut sedang cuci gudang.


Saya membeli 3 buah buku tebal-tebal dan hanya perlu membayar 30 ribu rupiah saja. Saya masih ingat betul satu buku judulnya "Geger Pacinan" terbitan Penerbit Kompas. Karena hanya sehari di Kota Pekanbaru, jadi saya pun hanya datang sekali ke toko buku ini.

Toko Buku di Kota Padang

Setelah kenyang dan puas makan di Soto Garuda Kota Padang (suatu saat akan saya muat dalam tulisan di dalam blog ini), dengan menumpang angkutan kota saya jalan-jalan di Kota Padang. Bukan Mas Feb namanya kalau penjelajahan seorang diri tidak merencanakan dan mampir ke sebuah toko buku di kota tertentu. Hingga tibalah di jalan Damar depan sebuah toko buku terbesar di Indonesia, Toko Buku Gramedia Kota Padang. Berlokasi di Jalan Damar yang tak jauh dari pinggir pantai, saya mengunjungi toko buku yang terbilang ramai ini. Meskipun cuaca terik panas menyengat kulit, tak menyurutkan beberapa anak muda dengan berboncengan motor memarkirkan kendaraannya untuk kemudian masuk ke dalam toko berukuran sedang tersebut.


Lagi-lagi saya beruntung, saat mengunjungi toko buku (lagi-lagi) Gramedia ini sedang cuci gudang sehingga banyak diskon bertebaran pada buku-buku yang sudah tak baru. Dua buku saya beli dari toko buku di Kota Padang ini: "Pasar di Kota Surabaya" dan "Pasar di Kota Jogjakarta" terbitan penerbit Kompas Gramedia. Lumayan juga sebagai bacaan ketika perjalanan pulang ke Jakarta, pikir saya. Kedua buku ini saya tebus dengan harga hanya Rp. 10.000 saja. Murah tho?!



Toko Buku di Jakarta Pusat dan Sekitarnya

Sebagai orang yang lahir, tumbuh, dan tinggal di Jakarta utamanya Jakarta Pusat, beberapa toko buku saya kunjungi berulang kali bahkan menjadi langganan. Bisa saya sebutkan di antaranya yaitu:
1. Toko Buku Gramedia Matraman
2. Toko Buku Gunung Agung Kwitang --> bisa dibaca di sini
3. Toko Buku Walisongo Kwitang --> bisa dibaca di sini
4. Toko Buku Jakbook Kenari
5. Toko Buku BPK Gunung Mulia
6. Toko Buku Setia Kawan Sumur Batu
7. Toko Buku Bekas Pasar Buku Kwitang
8. Toko Buku Gramedia Pasar Baru
9. Toko Buku Gramedia Gajahmada

Ada yang familiar dengan nama-nama toko buku yang telah saya sebutkan. Kapan-kapan akan saya ceritakan mengenai salah satu toko buku di atas yang mungkin jarang orang mengetahuinya. 

Comments

...