Radio P2SC dan Kesenian yang Masih Bertahan

Yang terbersit di kepala saya ketika mendengar Radio P2SC adalah tentang bapak saya. Sejak saya usia masih timik-timik alias kanak-kanak, radio yang berada di frekuensi 936 AM ini sudah mengudara. Lho? Hubungannya dengan bapak-nya mas feb apa? Apakah bapak-nya mas feb direktur radio ini? Oh.. Bukan. Bapak saya merupakan salah satu penggemar radio ini dan setiap setiap minggu pasti Bapak saya datang ke stasiun radio ini.


Di jaman dulu ketika masih jaya-jayanya, sekitar tahun 1990an di aula stasiun radio P2SC sering diadakan latihan kebudayaan tradisional. Entah itu yang disebut latihan klenengan (gending jawa, nembang, sulukan, macapat), latihan ketoprak, latihan wayangan (khususnya wayang kulit). Ketika itu stasiun radio ini punya penggemar yang tidak sedikit. Mungkin karena belum banyak persaingan dengan televisi maupun internet ya. Sehingga radio ini menjadi salah satu (atau mungkin satu-satunya) yang menjadi hiburan bagi pendengar yang kebanyakan merupakan perantau dari jawa.
Dahulu, radio P2SC ini punya motto. "Radio Puspa Dwi (2) Swara Cipta, Seni Menjadi Prestasi - Radio Jawa!". Tapi kemudian seiring perjalanan waktu dan pergantian kepemimpinan, kata-kata"Radio Jawa!" dihilangkan. Gak tahu apa sebabnya. Mungkin karena kata-kata sebelumnya terkait "Seni" yang bukan hanya dari jawa saja. Melainkan dari Aceh, Padang, Sumatera Utara dan lain sebagainya yang disiarkan dari stasiun radio ini.

Suatu kali saya pernah mencoba "memantau" siaran radio ini. Ternyata radio ini memang konsisten dengan mottonya. Dari dulu hingga sekarang masih menyiarkan seni dari berbagai daerah. Hanya saja, spot untuk seni jawa agak berkurang.

Berlokasi di seberang pintu air jemir alias jembatan miring, mungkin radio tertua di daerah Kemayoran bisa disematkan kepada radio P2SC. Bisa jadi, radio-radio yang menyiarkan campursari, gending jawa, wayang dan sebagainya di Jakarta terinspirasi dari radio P2SC ini. Kalau di frekuensi FM, ada RKM (Radio Kayu Manis) yang menyiarkan seni jawa. Selama kurun waktu tahun 90-an hingga awal tahun 2000, dari frekuensi AM hanya radio P2SC ini yang menyiarkan seni daerah. Jadi boleh lah bila dikatakan radio P2SC ini juga sebagai pionirnya.

Saya masih ingat sekitar tahun 2001, saya diajak almarhum Bapak ke aula radio P2SC. Ternyata disana banyak sekali alat musik tradisional khususnya set gamelan. Kalau sekarang masih ada atau tidak ya alat-alat musik tersebut.? (Aula tampak depan dapat dilihat melalui street view disini)
Melihat di era saat ini, televisi dan internet menjadi hal yang wajib ada disetiap rumah. Akan bertahan berapa lama radio berada disetiap rumah, khususnya radio P2SC ini? Apalagi kini makin banyak radio (terutama di frekuensi AM) yang menyiarkan program acara mirip-mirip dengan radio P2SC. Mungkinkah bertahan? Terlepas dari itu semua, radio P2SC dan kesenian akan menjadi legenda dan legenda itu masih akan terus bertahan di hati para pendengarnya kelak...

#video tahun 2014 kegiatan kesenian di radio P2SC



Comments

  1. Saya kurang akrab sama P2SC ini Mas Feb. Dulu pas di Jakarta semasa SMA saya malah senengnya dengerin Elshinta. Klo menurut saya sih pangsa untuk radio masih tetap eksis. Klo lg di dalam mobil gitu pasti nyetelnya radio.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya yg akrab dgn radio P2SC ini dr kalangan sepuh mas. Karena nyetelnya program acara traditional semacam gending jawa, campursari, dan sejenisnya. Untuk radio masih bs bertahan, tp mungkin semakin berkurang ya..

      Delete
  2. Sekarang; September tahun 2020, radio P2SC ternyata masih tetap eksis (di band AM/MW).

    ReplyDelete
  3. Sekarang Oktober 2020 radio P2SC tidak hanya eksis di frekensi AM tetapi juga acara menyiarkan lagu Koes Plus dengan nama acara AK P .. masih berjalan, sejak beririnya tahun 1978.

    ReplyDelete
  4. Mendengar radio p2sc jadi teringat akan cerita kedua orang tua yang bertemu dan berjodoh karena sering mengunjungi radio ini

    ReplyDelete
  5. Selamat malam ijin tanya radio P2SC bisa didengar viaHP tidak ya yg tanpa Headset.
    Saya kelahiran Jakarta hingga tamat kuliah saya masih dijakarta saat saya SMA tiap Minggu orang tua saya pasti nyetel uyon uyon Ki Condro Lukito dan penyiarnya BPK Barkah jika saya tida lupa. Acaranya Jan 09.00 pagi.
    Nah mbok acara uyon uyon Jawa cengkok ngayogjokarto di aktifkan lagi.
    Saat ini saya tinggal di Surakarta (solo).
    Saya rindu mendengarkan radio ini lebih lebih uyon uyon nyamlengnya alm Bu Condro Lukito atau ibu Sri Retno diwati.
    Mohon infonya nggeh boss.
    (Dari saya pak Kanta. Solo.)
    Matur sembah nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya siaran radionya P2SC belum ada streamingnya pak. Jadi belum bisa didengarkan via hape. Demikian pak. Terima kasih sudah mampir di blog ini. Nuwun.

      Delete
  6. Banyak kenangan di studio radio F2SC, dulu thn 1998 - 2005 msh sering main ke sana kalau hr minggu, ada penyiar andalan sy , kang Purnama, kang Atta, Teh Neng, Teh Tita Sukabumi , Pak Sobirin dll, sering jg ikut latihan gamelan Sunda bersama Paguyuban Sunda Jakarta , malah sempat bbrp kali pentas di ultahx P2SC, salam kangen buat seluruh pengurus, penyiar dan fans setia P2SC Jkt (Seni Menjadi Prestasi) smg sehat selalu dan tetap mengudara menjadi corong budaya.....🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  7. Acara favorit di Radio P2SC versi saya adalah pemutaran khusus lagu-lagu Soneta Bang Haji Oma Irama, setiap hari sabtu dan minggu pasti saya pantau acaranya sampai tuntas....

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya kenal P2SC lewat lagu lagu Koes Plus. Sama ada jawatimuran yang khas Pembawa acaranya mbak Ayu Ning Tuti Parisin kalo di RKM ada Bung Sam dan Mbak Yulia.

    ReplyDelete

Post a Comment

...