Cerita Singkat Tentang Pool DAMRI Kemayoran

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, disingkat DAMRI, merupakan angkutan yang jadi andalan bagi saya ketika harus pergi ke Bandara. Kebetulan tempat tinggal saya di Kemayoran yang tidak jauh dari salah satu pool bus milik pemerintah ini. Letak dari pool Damri Kemayoran ini berada di jalan Angkasa nomor 17, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tapi selama saya bolak balik daerah sana sih, orang lebih kenal pool Damri Kemayoran di jalan Kran Raya. Kalau dari perempatan jalan Garuda, cukup jalan kaki sekitar 50 meter.






Pool DAMRI Kemayoran termasuk salah satu pool DAMRI besar yang ada di ibukota Jakarta. Hampir setiap tahunnya di musim mudik Lebaran baik Idul Fitri maupun Idul Adha, pool ini selalu ramai oleh calon pemudik yang kebanyakan berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada juga sebagian bus dengan tujuan pulau Sumatera dan luar pulau Jawa. Akan tetapi hanya sebagian kecil karena bus dengan tujuan pulau Sumatera dan luar pulau Jawa kebanyakan sudah berposisi di pool DAMRI lain seperti pool di Rawamangun yang memang lebih ngetop posisinya yang relatif tak terlalu jauh dari Terminal Pulogadung.




Berbicara mengenai fasilitas yang dimiliki oleh pool DAMRI Kemayoran, jika ditelusuri juga masih termasuk pool yang lengkap. Ada kantin yang lumayan luas jadi bagi para calon penumpang yang belum mengisi perut dapat dengan leluasa memilih makanan sesuai selera. Bagi calon penumpang yang muslim, dapat juga menunaikan shalat di musholla yang plangnya dapat terlihat dari pendopo ruang tunggu penumpang. Bila merasa kurang nyaman sholat di musholla yang ada di pool, calon penumpang juga dapat ke Masjid Jami Al- Amir yang letaknya kurang lebih 100 meter dari pool. Kamar mandi dan toilet pun juga ada. Tak lupa juga di sini pihak DAMRI menyediakan loket prioritas yang ditujukan bagi penyandang disabilitas, ibu hamil, dan lanjut usia. Jadi mereka juga tidak perlu ikutan mengantri dan tak perlu berdesakan bila sedang antri tiket.






Sebagai informasi tambahan, bus-bus yang ada di pool DAMRI sebagian besar diperuntukkan untuk tujuan pulau Jawa seperti Purwokerto, Purworejo, Yogyakarta, Cilacap, Kuningan. Bus untuk ke bandara pun seperti yang saya ceritakan di awal secara reguler berangkat setiap satu jam sekali mulai dari pukul 4 pagi hingga bus terakhir berangkat pukul 10 malam ke bandara dengan tujuan terminal 1, 2, dan 3. Jadi, bagi pembaca yang ingin menggunakan moda transportasi darat seperti bus DAMRI ini jangan khawatir dengan kenyamanannya. Meski sekarang banyak orang lebih memilih moda transportasi kereta api, bus DAMRI juga tak kalah lho sebagai moda transportasi alternatif. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi Hello DAMRI di 1500 825. Selamat jalan-jalan.. :)

Comments