Pelatihan e-Gov Pustiknas (19-21 Februari 2013)

Pelatihan e-Goverment di Pustiknas atau Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Kominfo luar biasa menjadi pengalaman yang berkesan. Gimana nggak? Baru mulai hari pertama, perjalanan ke TKP menghabiskan waktu kurang lebih 4 jam! Sebegitu parahnya kepadatan lalu lintas di Jakarta. Setelah berjuang menahan panas, berdesak-desakan naik transportasi umum yang bikin istigfar selalu, akhirnya sampai juga di jalan Kertamukti nomor 10, Ciputat. Jam ditangan sudah menunjukkan pukul 10.15 wib. Ya sudahlah, saya pasrah aja deh. Mungkin acara pembukaan sudah selesai atau lebih parah sudah masuk kelas. Eeee.. Ternyata saya datang pas detik-detik terakhir acara pembukaan di auditorium pustiknas. Hmmm.. Hebat yak.. Hehehe. Bersyukur juga sih saya telad, jadi langsung coffee-break & gak lama masuk kelas. :D


Jadwal hari pertama:- Pembukaan (auditorium)
                               - intro e-gov
                               - praktik aplikasi Mantra (Manajemen Integrasi Informasi & Pertukaran Data)

Secara singkat saya bisa ceritakan sebagai berikut:
Dalam praktikum aplikasi Mantra, kita berperan sebagai tiga aktor: provider, requester dan publisher. Provider bertugas sebagai penyedia layanan dan metode. Requester bertugas sebagai yang meminta layanan data. Sedangkan publisher bertugas untuk mendiseminasi atau menyediakan publikasi layanan (metode).

Jadi intinya, aplikasi Mantra digunakan sebagai tool interoperability alias penghubung antar web/aplikasi informasi dari instansi-instansi yang berbeda.

Hari kedua: - peran tik dalam pengamanan data di dunia siber (auditorium)
                   - pengenalan PNS Box
                   - demo instalasi FreeBSD

PNS Box berbeda dengan aplikasi-aplikasi server semacam windows server atau linux yang digunakan sebagai server. PNS Box merupakan server turunan dari Free BSD, jadi OS ini bersifat open source.

Hari ketiga: - foto bersama (lobby & depan gedung pustiknas)
                  - pengenalan aplikasi si Cantik (Aplikasi 
                  - pengenalan aplikasi si Maya (Aplikasi perkantoran Maya)

Comments