Ngumpul Ngaji di Masjid Istiqomah, Kabupaten Ungaran

Sudah lama tidak ngaji. Alhamdulillah, begitu di Ungaran saya diajakin ke masjid Istiqomah. Masjid yang berada di kabupaten Ungaran, Jawa Tengah ini setiap minggunya mengadakan taklim. Kalau tidak salah waktunya dari pukul 6 pagi hingga kira-kira pukul setengah sebelas siang.

Tangga Menuju Ruang Utama Masjid
Pedagang Saling Curcol antar Pedagang
Ketika saya disana, menurut informasi yang saya dapat, taklim jam 6 pagi adalah taklim tafsir Quran. Kemudian dilanjutkan taklim ceramah biasa yang dimulai dari jam 8 pagi.

Kumpulan Angkot yang Menunggu Bubaran Taklim
Seperti pada umumnya sebuah masjid, tidak lepas dari keramaian hiruk pikuk pedagang yang menggelar bisnisnya disekitar lingkungan masjid. Di masjid ini pun saya melihat banyak sekali yang mencoba mengais rejeki dari ramainya jamaah yang datang setiap minggu. Selain banyak pedagang, para sopir angkutan umum juga bersiap untuk mengangkut para penumpang begitu acara taklim selesai. Sepanjang penglihatan saya, angkutan yang ada adalah angkutan colt berwarna kuning dengan jurusan ke pasar Karang Jati.

Barisan Motor Jamaah yang Parkir diSepanjang Halaman
Jamaah yang Membludak hingga ke Halaman Masjid
Sebenarnya ketika saya datang kesana sudah telat karena saya tiba di masjid sekitar pukul 9.30, jadi sudah ketinggalan banyak dan pas pergantian penceramah. Untuk materi yang diberikan oleh penceramah pertama saya tidak tahu. Hehehe. Sedangkan untuk materi yang disampaikan oleh penceramah kedua, beliau menjelaskan mengenai teman hidup didunia yang bisa diajak berpikir dan menjadi solusi ketika kita sedih dan susah, yaitu Quran. Maksudnya sedih dan susah adalah ketika dialam kubur. Sedangkan menjadi teman yang bisa diajak berpikir maksudnya adalah ketika kita hidup didunia menghadapi berbagai masalah dan persoalan maka Quran memberikan jawaban.

Meskipun penceramah memberikan materi ceramah dalam bahasa jawa, tapi sedikit-sedikit saya mengerti apa yang disampaikan. Selalu ada hal yang menarik setiap kita menyambangi setiap tempat. Salam Segar Es Teh Lemon.. :D

Blusukan: Ungaran, 4 Agustus 2013

Comments

...