Jalan-Jalan Sejarah dan Kuliner Jalan Garuda, Kemayoran-Jakarta

Karuan saja saya berpanen peluh dari ujung kepala hingga ujung kaki siang itu karena sangking panasnya cuaca. Pulang dinas dari Bogor menggunakan moda angkutan Commuter Line dan turun di stasiun Kemayoran. Sudah sejak lama saya sering melewati tempat ini dan saya baru tersadar bahwa stasiun Kemayoran juga merupakan daerah bersejarah di Jakarta. Di jaman hindia belanda dulu stasiun ini ngetop banget.
Stasiun Kemayoran Tahun 2013
Foto Jadul Stasiun Kemayoran (Dok. Wikipedia)
Ternyata di Kemayoran pun yang dekat dengan rumah saya, bisa menjadi tempat jalan-jalan sejarah yang tidak kalah asyik dengan daerah lainnya. Bila Anda pernah tahu sejarah tentang perguruan Taman Siswa cabang Jakarta, maka daerah Kemayoran adalah merupakan bagian dari sejarahnya. Untuk sejarah lengkapnya bisa dibaca disini.

Taman Siswa Jadul (Dok. Taman Siswa
Bangunan Taman Siswa Tahun 2013, Patungnya Masih Sama
Hotel Majapahit di Surabaya (Dok. Google-Image)
Hotel di Jalan Garuda yang Mirip Hotel Majapahit Surabaya
Di jalan Garuda ini juga ada bangunan hotel yang bentuknya sekilas mirip dengan Hotel Majapahit yang ngetop disejarah itu lho. Menurut apa yang pernah saya baca, sepanjang jalan Garuda ini saat jaman pendudukan belanda dan jepang digunakan sebagai tangsi militer. Salah satu peninggalannya bisa terlihat pada bentuk bangunan mabes Armabar.

Selain wisata sejarah, kita bisa juga berwisata kuliner disepanjang jalan Garuda. Yang paling ngetop didaerah ini adalah empek-empek. Mulai dari empek-empek unyil, hingga yang paling ngetop adalah empek-empek Garuda. Selain empek-empek, disini juga ada banyak pilihan kuliner seperti sop iga, soto, mie ayam, masakan padang Sabana dan lain sebagainya.

Warung Sabana, Asli Masakan Padang
Bila Anda yang ingin mencari suasana angkringan dan gubuk sambil menikmati makan dan minum, Saung Garuda bisa menjadi pilihan. Letaknya tidak jauh dari pool taksi Blue Bird di ujung jalan Garuda.

Jalan Garuda 
Pempek G Putra
Soto Ayam Ambengan dan Bakmi Ayam
Pempek Nelly
Soto Mie Pak Kumis dan Sate Gule Tongseng
Pempek Sayangan
Pempek Unyil
Sop Iga Sapi
Pempek Garuda Putra
Saung Garuda
Pempek Garuda Ujung
Bila ingin lebih menikmati suasana wisata kuliner yang lebih lengkap, Anda bisa menyusuri jalan Garuda dimalam hari. Dikanan-kiri jalan, banyak bertebaran warung tenda yang menawarkan suguhan makanan seafood dan jajanan khas warung tenda lainnya. Tak lupa juga bahwa di jalan Garuda Ujung, terdapat warung Tansu alias Ketan Susu yang sudah ngetop seantero Kemayoran. Maka jangan kaget bila ditikungan jalan Garuda Ujung banyak yang duduk-duduk di trotoar tengah jalan. Mereka adalah para penikmat jajanan ketan susu tersebut.
Mobet - Motor Betjak
Bila Anda yang tidak ingin jalan kaki saat menyusuri jalan Garuda, Anda bisa naik mobet atau motor betjak yang punya paguyuban mobet sekemayoran. Kendaraan antik ini cuma bisa ditemui di Kemayoran lho. Bagi Anda yang tidak tahu dimana letak jalan Garuda, Anda bisa mencapai lokasi dari Terminal Pasar Senen dengan menggunakan angkutan umum metromini P11 dan turun di jalan Garuda. So, tetap semangat jalan-jalan bersama Mas Feb Jalan-Jalan.

Comments

  1. enak banget nih bisa wisata kuliner di kemayoran, eh ada juga nih wisata kuliner di depok, aku baca disini http://goo.gl/PvWDr1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Disepanjang jalan Margonda banyak jajanan dan tepat kalo dibilang jalan Margonda Raya itu surganya kuliner. Mau cari makanan & jajanan apapun ada disana. Bisa juga melihat blog teman saya di: http://jamkumpul.blogspot.com (o)

      Delete

Post a Comment

...