Passer Baroe - Tekstil, Sepatu, dan Masa Lalu

Sudah sejak lama ngetop dikalangan penggemar tekstil, pasar ini didirikan ditahun 1820, merupakan pasar tertua yang masih eksis hingga sekarang. Dahulunya merupakan pasar paling elit karena letaknya yang bersebelahan dengan Rijswijk (jalan Veteran), yang merupakan kawasan perumahan orang-orang kaya di eranya.

Sepanjang Jalan di Pasar Baru


Gerbang Masuk Selatan
Pasar yang berdampingan dengan kali Ciliwung ini terbilang unik. Bentuknya memanjang dari jalan Pasar Baru (jalan Antara) di Selatan hingga jalan Samanhudi di Utara. Selain itu, keunikan lainnya adalah komoditas dagangan yang paling banyak dijual disini adalah tekstil dan sepatu. Sudah sejak dahulu memang kawasan perbelanjaan Pasar Baru dihuni oleh orang-orang keturunan India dan komoditas mereka secara turun-temurun adalah tekstil.

Penjual Koin dan Uang Kertas Jadul
Salah Satu Bangunan Bertingkat yang Termasuk Bangunan Kuno
Toko Jadul yang Masih Ada Hingga Sekarang

Bagi penyuka fotografi dan pemburu bangunan-bangunan jadul, Pasar Baru bisa menjadi objek yang dijadikan target. Tak jauh dari gerbang selatan terdapat gedung Antara. Jangan lupa juga bagi kolektor uang-uang jadul, sediakan dompet yang tebal untuk membeli koin maupun uang kertas jadul yang penjualnya banyak bertebaran disini.

Bagi saya, menjelajahi tempat-tempat dimana kita masih bisa melihat bangunan-bangunan lama seolah-olah membawa kita kembali menyelusuri jaman. Menjejakkan kaki dimana orang-orang sebelum kita pernah menjejakkan kaki disana. Tetap semangat jalan-jalan..

Comments

...