Melihat Aksi Penjual Tauge Goreng

Di sebuah film, aktor kenamaan Betawi - Benyamin Sueb memperkenalkan kuliner khas Betawi ini. Meskipun namanya Tauge Goreng, tapi tak satupun bahan-bahan yang diracik ada yang digoreng. Gak percaya? Lihat saja aksi si penjual tauge goreng yang saya dapati di Kemayoran. Meskipun saya tidak mencicipi, saya lihat aksi si abang penjual cukup seru. Siang hari di akhir pekan pertengahan bulan Oktober 2014 yang lalu baru saya lihat bagaimana tauge goreng diracik.
Gentong Berisi Saus Tauco



Diaduk-aduk Biar Merata Panasnya

Mengambil Daun Kucai dan Oncom
Siram Saus Tauco

Bahan-bahannya sederhana, yaitu tauge (tentu saja), potongan-potongan oncom, daun kucai, dan tak lupa saus tauco. Kadang juga diberi sambal bagi pembeli yang suka dengan rasa pedas. Cara meraciknya juga tak kalah sederhana. Piring kaleng digunakan sebagai wajan. Dengan menggunakan api kecil, si abang mencampurkan semua bahan-bahan tadi ke dalam piring kaleng yang telah diberi air tersebut. Bisa dikatakan direbus tapi airnya tidak sampai mendidih. Kemudian diaduk-aduk. Kalau saya lihat, sebenarnya si abang bukan sedang memasak, melainkan memanaskan bahan-bahan yang dicampur tadi. Menggunakan centong khusus yang bentuknya seperti huruf Z, tangan si abang penjual dengan lincahnya mengaduk-aduk bahan tauge goreng. Cukup lima belas menit, sajian tauge goreng siap dibungkus dan dibawa pulang. Harganya pun tak perlu mahal-mahal, cukup Rp. 5.ooo saja.

Selama proses peracikan, si abang bercerita tentang jualannya. Jaman sekarang yang menjual dan membeli tauge goreng sudah sangat jarang. Kalau pun ada biasanya jualannya didaerah pinggiran kota. Dahulu makanan ini jadi primadona di kalangan masyarakat Betawi. Untuk soal rasa sejujurnya saya belum pernah mencicipi tauge goreng. Terus terang saya tidak terlalu suka dengan saus tauconya. Ketika itu saya membeli tauge goreng untuk ibu saya yang merupakan fans berat kuliner tauge goreng ini. Ngomong-ngomong, sudah ada yang pernah mencicipi tauge goreng? 

Comments

  1. We? Saya malah tahunya tauge goreng itu dari Bogor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kayak soto mas. Ada soto bogor tp ada jg soto betawi. Yg lebih dikenal luas oleh masyarakat adalah toge goreng bogor. Tp trnyata toge goreng jg khas betawi. Ada bedanya? Pastinya ada perbedaan. Boleh deh tanya yg tinggal di Kemayoran ato di kampung Babakan. Hehehe..

      Delete
  2. Belum pernah nyobain makanan ini. Habisnya ada oncomnya. Gak terlalu suka oncom sih :)

    ReplyDelete

Post a Comment

...