Pengalaman Pertama Wisata Candi

Kami bertiga, saya-istri saya dan Zidni, menginap di hotel Galuh Prambanan. Rencananya sih selama tiga hari (14-16 Desember 2014) kami menginap disini. Alasannya sederhana: karena dekat dengan komplek percandian. Candi-candi yang dapat dikunjungi yang dekat dengan penginapan ini diantaranya: komplek candi Plaosan Lor dan Kidul, komplek candi Sewu, komplek candi Prambanan, candi Lumbung, candi Bubrah, candi Boko, candi Barong, dan candi Sojiwan. Tapi selama kunjungan kami bertiga disana hanya sempat mengunjungi Plaosan, Sewu, Bubrah, Lumbung, dan Prambanan. Mungkin kunjungan ke candi lainnya menjadi "pekerjaan rumah" buat saya untuk mengajak Zidni jika sudah agak besar nanti.
Banyak hal bisa didapat oleh kami bertiga. Bagi saya, berwisata bersama keluarga merupakan kebahagiaan tersendiri. Mungkin buat saya yang dahulu terbiasa jalan-jalan sendirian kemanapun, kali ini menjadi yang pertama buat saya berwisata candi bersama keluarga. Pengalaman pertama juga buat Zidni dan istri saya. Meskipun dulu saya dan istri pernah berwisata candi ke komplek candi Gedong Songo di Ungaran sana, akan tetapi wisata ke Jogja ini menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.




Pengalaman-pengalaman tak terlupakan itu dimulai dari malam hari ketika sampai di penginapan, dimana istri saya sempat merasa 'horor' dengan penginapannya karena nuansanya yang terasa jawa klasik dan sepi. Sementara bagi saya penginapan ini termasuk unik dan eksotis. Eksotis karena saya merasakan tinggal sementara yang jaraknya dekat dengan sekumpulan candi.

Lalu kunjungan ke candi-candi menggunakan sepeda motor sewaan, melihat sapi-sapi besar yang melintas di jalanan, memblusuk ke dalam pasar cinderamata dan masih banyak lagi cerita-cerita pengalaman yang tidak terlupakan disini. Dua jempol buat Zidni yang ketika jalan-jalan itu berlangsung, dia baru berusia 6 bulan. Bravo Zidniii..! :D

Comments

...