Es Dawet Ijo Tape Gula Jawa Prambanan

Ketika orang mendengar kata "Dawet" mesti yang muncul dalam pikiran adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yakni Banjarnegara. Tapi jangan salah, dawet bukan hanya kuliner khas dari Banjarnegara. Bila kita jalan-jalan ke Purworejo, disana terkenal dawet ireng yang khas terutama yang paling terkenal di daerah Butuh, kabupaten Purworejo. Bila kita jalan-jalan ke Jakarta, yang ngetop disini adalah "Cendol", masih kembaran dengan dawet lah. Nah, sewaktu jalan-jalan ke Prambanan, saya menemukan dawet juga tapi entah khas daerah mana. Boleh lah kita sebut saja dawet Prambanan.


Lapak Es Dawet Ijo Tape Gula Jawa

Kuliner yang ditawarkan oleh si ibu penjual dikenal dengan sebutan "Es Dawet Ijo Tape Gula Jawa". Panjang ya namanya. Ini menu kuliner andalannya si ibu penjual. Buka mulai pagi hari hingga sore. Si ibu biasanya berjualan menggunakan gerobak sederhana dan mangkal didekat warung Bakmi Jawa Pak Tok, dipinggir jalan utama Prambanan.
Komposisi Es Dawet Ijo Tape Gula Jawa Ditempatkan Disini
Komposisi es dawet ini yaitu: dawet yang dibuat dari tepung beras, tape ketan, gula jawa dan tentu saja es batu. Masing-masing bahan ini ditempatkan si ibu penjual di dalam kendil-kendil ukuran sedang. Untuk harganya masih terjangkau kok. Cukup ditebus dengan harga Rp.7.ooo saja.
Suasana Sore Pasca Hujan di Jalan Utama Prambanan

Sore itu kami menjadi pelanggan penutup yang mencicipi es dawet ijo tape jualannya si ibu. Karena hari sudah jelang malam, kami pun membeli es dawet untuk dibungkus dan dinikmati dipenginapan. Soal rasa yaaa manis dan menyegarkan. Cocok buat yang habis perjalanan jauh. Nah, kalau ke Prambanan jangan lupa mampir ke lapaknya si ibu penjual es dawet ijo tape gula jawa ini ya.

Comments

...