Lagi-Lagi ke Jayapura

Berbekal pengalaman pada tahun 2011, saya sudah mempersiapkan fisik dan mental untuk berkunjung ke Jayapura.Berlima kami ke Jayapura di pertengahan tahun 2013. Pada bulan Juli 2013 tepatnya, saya dan kawan-kawan mendapatkan tugas untuk supervisi ke kantor daerah di ujung timur Indonesia.
Suasana Bandara Sentani

Menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam dari bandara Soekarno-Hatta, transit di Makassar hingga akhirnya tiba di bandara Sentani, Jayapura. Itu pun 8 jam baru tiba di bandaranya. Belum sampai di tempat tujuan yang berada di jalan Kesehatan nomor 10 Dok 2 Jayapura. Dari Sentani hingga ke TKP menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam bila tak ada halangan. Kadang bisa lebih dari itu.
Pusat Perbelanjaan Modern dan Mall Mulai Bermunculan di Tahun 2013

Seringkali ketika berkunjung ke Jayapura terasa deg-degan. Siap pergi dan siap tidak pulang. Kenapa? Karena rute dari Sentani ke pusat kota Jayapura hanya ada satu jalan. Pulang-pergi ya jalannya lewat itu-itu juga. Apalagi belum lama sebelum kunjungan ini, berita yang tersiar di televisi adalah berita-berita tentang rusuh karena ada penembakan di daerah Sorong. Meskipun daerah Sorong agak jauh, ya tapi masih lingkup Papua tho? Tapi bismillah saja, insya Allah tidak terjadi apa-apa.

Tiba di Sentani pukul 2 siang waktu setempat, persis sama dengan ketika berkunjung ke Jayapura 2 tahun yang lalu. Bandara Sentani sedang dalam tahapan renovasi dan perluasan. Orang yang sama dengan 2 tahun yang lalu juga yang menjemput kami, yaitu om Jan.

Selama perjalanan, suasananya hampir sama dengan yang lalu. Ada beberapa hal sih yang terlihat masih baru. Kini terdapat mall dan pusat perbelanjaan modern.
Kota Makin Ramai
Bagian Muka Hotel Matoa
Sama seperti 2 tahun yang lalu, tiba di Sentani - ke hotel Matoa drop barang - sowan ke "yang punya rumah" - istirahat kembali ke hotel. Kami tiba di hotel Matoa dengan diiringi rintik hujan. Alhamdulillah, lumayan bikin segar karena kedatangan kali ini ke Jayapura bertepatan pada saat bulan Ramadhan. Jadi, otomatis saya dan rekan-rekan akan ngabuburit pada sore harinya. Kalau dua tahun lalu saya jalan-jalan sendirian, sepertinya sekarang akan beramai-ramai jalan-jalan malamnya.


Comments

...