Ngulik Batik Papua dari Ilham Hingga Aneka

Di hari yang kedua (13 Desember 2011) masih di Jayapura, setelah kembali dari kantor sebelum Maghrib saya kembali keluyuran sendirian lagi. Kali ini saya menyusuri jalan Percetakan Negara. Ternyata disana ada sebuah toko yang menjual oleh-oleh khas Papua, sebut saja batik papua. Batik yang biasanya bermotifkan burung cendrawasih dan tifa ini dihargai mulai dari harga 60 ribu hingga 200 ribuan. Tergantung jenis bahan dan corak warnanya.

Bukit Jayapura City

Sudut Jalan Masuk ke Jalan Percetakan Negara
Selain batik tentu saja ada gantungan kunci, kaos, sandal, dompet, yang kesemuanya menggunakan motif burung cendrawasih dan tifa. Dan tak lupa juga ada koteka dan miniatur koteka. Karena saya pikir lebih mudah bila membeli kain dan kaos daripada yang lainnya, saya hanya membeli dua jenis barang tersebut.
Ragam Batik dan Cinderamata di Toko Batik Ilham
Dengan masih menenteng hasil pembelian cinderamata, saya masih menyempatkan diri jalan-jalan sepanjang jalan Percetakan Negara. Di salah satu sudut jalan Percetakan Negara rupanya ada pasar tradisional. Tapi saya belum sempat menjelajahi pasar tersebut.

Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 7 wib yang berarti sudah pukul 9 waktu Jayapura. Saatnya kembali ke penginapan untuk mempersiapkan diri buat kegiatan esok hari.

Hari Terakhir di Jayapura
Di tanggal 14 Desember, yang merupakan hari terakhir saya dan rekan-rekan di Jayapura, merupakan hari yang boleh dikatakan agak lebih longgar karena pekerjaan kantor sudah dikebut pada hari sebelumnya. Sehingga tidak seperti hari sebelumnya yang pulang pukul 5 sore, dihari ini saya dan rekan-rekan bisa keluar pukul 14.34 waktu setempat dan diajak berkeliling berburu batik oleh om Jan. Menurut om Jan, toko batik yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan yang ke Jayapura adalah toko Aneka Batik yang berlokasi di jalan Halmahera. Letaknya agak lumayan sih bila dilakukan dengan berjalan kaki dari hotel Matoa.

Di Toko Aneka Batik
Di toko Aneka Batik ini koleksi batiknya lebih lengkap bila dibandingkan dengan toko Batik Ilham. Wajar juga karena toko Aneka Batik ini lebih besar. Dan tentunya berdampak pada tingkat harga batik-batik yang dijual. Disini harga jual batik lebih mahal tapi pembeli bisa lebih leluasa memilih varian batiknya.
Varian Batik di Toko Aneka Batik
Sementara ibu-ibu sibuk berbelanja, saya cukup lah hanya melihat-lihat saja. Ambil beberapa foto motif kain batik yang menarik. Ini hari terakhir di Papua, sebisa mungkin saya menikmati sisa waktu di Jayapura ini sebelum besok paginya kembali ke Jakarta...

Comments

...