Perjalanan ke Jayapura

Bakda Subuh, saya pun bergegas menuju bandara Soetta. Karena tergesa-gesa, saya yang biasanya menggunakan bus Damri, kali ini menggunakan taksi. Tujuan kerja di akhir tahun 2011 (12 Desember) itu adalah kota Jayapura, Papua.
Dibalik Kumpulan Awan

Saya tidak pernah membayangkan akan ke Jayapura. Belum pernah sekalipun terpikir dan terbayang seperti apa situasi di Jayapura. Biasanya saya hanya melihat dan membaca keadaan di Jayapura melalui televisi maupun surat kabar. Tapi kali ini berbeda. Apa yang akan saya lihat dan rasakan akan menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Selamat Datang di Kota Jayapura
Alhamdulillah, setelah 8 jam perjalanan saya dan rekan-rekan tiba di bandara Sentani.  Tiba di Sentani pukul 2 siang waktu setempat, saat matahari sedang panas-panasnya. Menunggu hampir 30 menit hingga akhirnya om Jan (baca: Yan) pun datang menjemput. Om Jan Lewier ini aslinya dari Ambon, tapi ditugaskan di Jayapura. Bila ingin tahu tentang seluk beluk kota Jayapura ya bertanyanya ke om Jan ini. Beliau meskipun asli Ambon, tapi sudah lama tinggal di kota Jayapura.

Selama perjalanan dari Sentani ke kota Jayapura, yang terlihat sepanjang jalan adalah pemandangan danau Sentani, bukit cadas, dan hutan Matoa. Sepanjang perjalanan juga om Jan banyak bercerita tentang kondisi di Jayapura. Lumayan seru lah dan dapat melupakan sejenak rasa lelah akibat perjalanan.
Danau Sentani
Bukit-Bukit Cadas
Polres Jayapura yang Terletak di Sebelah Hotel Matoa
Menempuh jarak kurang-lebih 34,4 km kami pun tiba di hotel Matoa, jalan Ahmad Yani No.14 untuk check-in dan sekedar drop barang. Untuk kemudian kami ke kantor daerah yang letaknya kurang lebih 2,3 km. Lumayanlah, setelah penerbangan 8 jam dan perjalanan darat 1 jam... T_T

Setelah kulo nuwun kepada "yang punya rumah", akhirnya saya dan rekan-rekan kembali ke hotel Matoa dan berkesempatan untuk istirahat. Setelah istirahat di sore itu, malam harinya saya berencana untuk "jalan-jalan" sekedar untuk mengenal wilayah sekitar jalan Ahmad Yani. 

Comments

Post a Comment

...