Pamer 'Gigi' di Indonesia International Motor Show 2015, Kemayoran Expo

Pada dasarnya saya bukanlah termasuk orang yang menyukai dunia otomotif. Tapi hari Minggu tanggal 23 Agustus 2015 itu, atas dorongan (sedikit maksa) dan ajakan sang Jenderal, saya mengunjungi Indonesia International Motor Show di Kemayoran Expo.
Salah Satu Booth di Indonesia International Motor Show 2015

Perhelatan tahunan yang digelar ditahun 2015 lalu berlangsung selama 10 hari (20-30 Agustus 2015). Penyelenggaranya yaitu PT. Dyandra Promosindo, menggelar pameran otomotif ini salah satunya bertujuan untuk mempromosikan Indonesia. Di Indonesia ini ternyata begitu banyak penyuka otomotif dan industri otomotifnya yang kreatif. Contoh, seperti di Yogyakarta. Ternyata selain pengrajin batik dan benda etnik, di Yogyakarta juga ada pengrajin mobil. Salah satunya yang terlihat pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) kali ini adalah pengrajin mobil Kupu-Kupu Malam (bisa dicek di tautan ini: www.kupukupumalam.co.id). Pengrajin mobil asal kota gudeg ini melayani pesan antar modif ke seluruh dunia.
Jenderal Berfoto Berlatarkan Mobil Modif buatan Pengrajin Mobil Yogya
Di pameran otomotif ini juga dipamerkan kendaraan-kendaraan bermotor klasik. Menempati hall B dan sebagian di hall A, sebenarnya kendaraan bermotor klasik ini juga tak kalah bila dibandingkan dengan kendaraan modern. Lihat saja betapa banyak pengunjung yang mampir di booth Indonesia Car History. Booth mobil klasik di hall A ini menampilkan mobil-mobil sekelas Buick Super tahun 1949 yang dahulu juga digunakan sebagai mobil kepresidenan di era presiden Soekarno. 

Mobil Klasik Dodge
Bersebelahan dengan booth Indonesia Car History adalah booth pamer mobil-mobil yang turut berperan di film. Ketika saya dan Jenderal disana, ada 3 (tiga) mobil yang berhasil saya temui. Ada mobil jenis van berwarna hitam yang digunakan dalam film The A-Team. Lalu ada bat-mobile film Batman era Michael Keaton. Dan yang tak kalah menarik adalah mobil yang digunakan oleh alm. Dono dalam film komedi Warkop - "Gengsi Dong". Meskipun hanya berupa tiruannya, tapi mobil-mobil tersebut berhasil menarik minat para pengunjung untuk datang dan berfoto berlatarkan mobil-mobil "ngartis" tersebut. 
Mobil "Ngartis"
Bila di dalam masing-masing hall yang ada di Kemayoran JI-Expo memamerkan mobil dan motor, lain halnya di ruang pameran terbuka. Disini terdapat booth Food Truck Convoy, Supermotto, dan IIMS Military Zone. Saya dan Jenderal tidak menyambangi keseluruhan booth. Alasannya selain karena terlalu luas, saya dan Jenderal juga lebih tertarik untuk melihat alutsista yang dipajang di booth IIMS Military Zone. 
Mrap Cat.II
Kendaraan militer milik Kopassus merupakan salah satu area "hotspot" di booth-nya. Disini pengunjung bisa melihat Mrap Cat.II yang selalu ramai menjadi incaran untuk berfoto. Kendaraan militer lainnya yang juga dipajang disini yaitu tank Leopard, tank Scorpion, kendaraan taktis Anoa 6x6 APC yang buatan Pindad,  dan kendaraan anti-ranjau Bushmaster. Kesemuanya boleh dilihat eksterior dan interiornya oleh para pengunjung. 
Tank Leopard
Bagi pembaca yang jadi penasaran dengan Indonesia International Motor Show tidak perlu kecewa karena perhelatan 2015 ini sudah berlalu. Di tahun 2016, tanggal 7-17 April nanti juga akan digelar perhelatan yang sama dan ditempat yang sama pula. Jadi persiapkan diri dan biaya tiketnya mulai dari sekarang ya.

Comments

...