Laju Bemo di Hiruk Pikuk Kemacetan Jakarta

Pembaca ada yang pernah naik bemo? Belum? Saya pernah sekali naik kendaraan unik nan jadul ini saat berada di daerah Bendungan Hilir. Sekarang memang sudah agak sulit untuk menemukan saudara kembar tak serupa si Bajai ini. Karena memang sudah dilarang beredar di Jakarta, sehingga angkutan umum beroda tiga ini tidak bisa ditemukan di sembarang tempat. Hanya tempat-tempat tertentu saja. Yang saya ketahui misalnya ya di Bendungan Hilir. Lalu ada juga di daerah Rawa Terate Jakarta Timur dan daerah Matraman-Manggarai-Salemba.
Penumpangnya Sedang Melamun

Dikutip dari websitenya asal-usul[dot]com, ternyata nama bemo merupakan akronim dari BEcak MOtor. Mulai dipergunakan di tahun 1962 di Jakarta dalam rangka memeriahkan peristiwa olahraga, Ganefo. Masih menurut asal-usul[dot]com, bemo ini ternyata berasal dari pabrikan otomotif Jepang, yaitu Daihatsu! Dipasarkan di tahun 1957 dan diberi nama Daihatsu Midget. Untuk sejarah lengkapnya bisa klik di sini.
Masih Mulus Bemonya
Disuatu sore setelah pulang kerja, saya iseng memilih jalur pulang tidak seperti biasanya. Kali ini saya pulang melalui jalan Salemba ke arah jalan Proklamasi untuk kemudian mengarah ke Menteng dan tembus hingga Gambir. Selama melewati jalan Salemba Raya hingga jalan Proklamasi, saya mendapati sebuah bemo beroperasi. Meskipun terbilang kendaraan jadul, tapi bemo yang saya temui sudah diperbaharui tampilan karoserinya. Mulus!! Karena sore itu merupakan jam pulang kantor, maka penumpang yang naik bemo juga lumayan penuh. Bemo ini mampu menampung tujuh orang penumpang. Enam orang bisa duduk di belakang dan seorang lagi bisa menemani pak sopir di kursi depan.
"Menantang" Kendaraan Umum Lainnya di Kemacetan Kota
Seiring dengan berjalannya waktu, bemo pun berbelok ke arah Manggarai sementara kendaraan yang saya tumpangi berbelok ke arah Menteng. Sekilas saya melihat kebelakang dan perlahan wujud bemo itu pun hilang ditelan hiruk pikuk kemacetan kota Jakarta. Bagi pembaca yang belum pernah merasakan sensasi naik bemo, boleh dicoba datang ke Salemba atau Manggarai. Mumpung belum benar-benar punah seperti helicak.



Comments

...