Ikan Jambal Roti Khas Pangandaran

"Nitip ikan jambal roti ya", demikian tulisan yang sampai di hape saya melalui aplikasi Whatsapp.
"Kalau ada yang jual ya", balas saya kepada si pengirim pesan. Padahal saya juga masih kurang paham ikan jambal roti seperti apa.

Inilah yang Disebut Sebagai Ikan Jambal Roti

Kok unik banget ya bisa disebut ikan jambal roti. Apakah si ikan ini suka ngemil makanya dia men-jambal roti? Ikan macam apa yang suka menjambal roti. Alih-alih mencari jawaban atas kekurang-pahaman saya akan nama tersebut, seorang teman menunjukkan bahwa ikan jambal roti tuh adalah yang seperti "begini". Maksudnya "begini" adalah wujud tuh ikan seperti umumnya ikan asin, hanya saja ikannya besar dan melebar karena badannya si ikan dibelah dua (kalau dalam bahasa jawa: mekekek; kalau di betawi: dijembreng megar).

Karena keterbatasan ilmu saya, trik browsing pun jadi opsi untuk mencari kebenaran asal muasal penyebutan ikan jambal roti. Usut punya usut ternyata disebut "ikan jambal roti" karena si ikan (yang biasanya adalah ikan manyung) diasinkan kering hanya dengan garam dan dijemur hingga tekstur dagingnya menyerupai tekstur roti, empuk dan renyah (mungkin semacam roti bagelen atau roti panggang ya). Saking khasnya, ikan jambal roti ini harganya lebih mahal daripada harga daging sapi! Boleh deh dicek kebenarannya disini.
Kalau Sempat ke Pangandaran, Mampir Saja Kesini
Alkisah, ketika berada di Pangandaran, saya dan teman-teman diantarkan oleh pak Robi (seorang kenalan dari kantor daerah) untuk mencari dragon ball ikan jambal roti yang katanya adalah khas Pangandaran. Pertama kami mengunjungi Pusat Oleh-Oleh Owen yang berada di jalan Raya Babakan. Tempatnya termasuk luas dan yang dijual bukan hanya ikan jambal roti saja, tapi juga jajanan serta cemilan tradisional lainnya. Bahkan Owen ini menjual aksesoris dan pakaian! Karena kami yang berasal dari Jakarta ini termasuk yang cupu tentang Pangandaran, kami tidak mengetahui bahwa belanja disini bisa membuat dompet "menjerit".

Kios Jambal Roti di Kawasan Pantai Timur Pangandaran
Untungnya saat kami hendak membawa beberapa pilihan belanja, pak Robi memberitahukan dengan logat sundanya yang kental bahwa "disini teh mahal" (maksudnya yang dijual disini harganya mahal). Ya mungkin bisa dimaklumi karena konsep di Owen ini adalah pusat oleh-oleh yang mengedepankan konsep bus-stop, bus-bus pariwisata biasa datang ke tempat ini. Jadi mau nggak mau harga juga agak lebih tinggi bila dibandingkan tempat lain. Akhirnya pak Robi mengusulkan untuk mengajak berbelanja di kios-kios dekat hotel saja, utamanya di jalan Kidang Panajung - Pantai Timur Pangandaran yang menurut keterangan beliau harganya bisa ditawar.

Tempat Agen Penjual Ikan Jambal Roti
Menurut informasi dari pak Robi juga, kalau mau beli ikan jambal roti dalam jumlah banyak bisa mengunjungi agennya yang lokasinya berada di kawasan guesthouse yang umumnya adalah rumah-rumah warga dan saya lupa nama jalannya. Disana harganya bisa jauh lebih murah karena memang biasanya yang menjual ikan jambal roti di kios-kios belinya dari agen ini. Hanya orang-orang beriman tertentu saja yang memang tahu rahasia dimana tempat agen penjual ikan jambal roti ini bisa disambangi. Saat malam hari setelah acara berbuka puasa bersama, kami pun diantarkan ke agen penjual ikan jambal roti. Teman-teman saya begitu antusias untuk membeli lagi ikan jambal roti, sementara saya menunggu saja didalam mobil karena kekenyangan setelah perjamuan bakda Maghrib tadi..


Comments

  1. saya mau beli telur ikan jambal roti adakah bos.hubungi saya nmr hp 087811160482

    ReplyDelete
  2. saya mau beli telur ikan jambal roti adakah bos.hubungi saya nmr hp 087811160482

    ReplyDelete

Post a Comment

...