Kurun Waktu yang Penuh Warna hingga Pandemi tak Terduga

Tahun 2020 ini, tidak ada yang menduga bahwa akan terjadi pandemi yang terjadi secara global. Mulai dari negara Tiongkok, pandemi Covid-19 bermula (1). Ketika saya menulis ini (Selasa, 28 April 2020), sudah  44 hari semenjak diberlakukan WFH (Work From Home) dan sudah sebanyak 9.511 kasus positif Covid-19 yang tercatat (2). 
Halte Salemba UI (Copyright: Febri Aryanto)

Lama rasanya saya tidak memperbaharui tulisan di blog ini. Tulisan terakhir yang saya publikasikan berjudul "Tak Sengaja Naik KA Priority-Seat (2)" yang bisa dibaca melalui tautan ini. Meski diunggah pada tanggal 22 Maret 2020, sebenarnya perjalanan tulisan tersebut terjadi pada tahun 2019 di bulan November tanggal 22 (3). 

Berbicara mengenai mengapa saya jarang sekali memperbaharui blog ini adalah karena sibuk (alasan klise ya). Tapi kenyataannya memang benar adanya. Bila dirunut dari tahun 2017, dapat terlihat jumlah tulisan yang saya unggah di blog ini mulai berkurang. Tahun 2017, saya hanya memublikasikan tulisan sebanyak 11 tulisan. Kemudian di tahun 2018, publikasi tulisan saya berkurang drastis. Pada tahun tersebut, hanya 3 tulisan. Lalu di tahun 2019 tulisan saya hanya 2. Makin menurun? Pastinya. Apa sebabnya? Sibuk. 

Pada awal tahun 2017, saya masih sempat mempublikasi beberapa tulisan. Menjelang pertengahan tahun di bulan Agustus, alhamdulillah saya mendapatkan kesibukan baru yaitu kembali ke sekolah. Tempat di mana saya bekerja memberikan saya kesempatan untuk memperbaharui pengetahuan dan pengalaman saya secara akademis. Meskipun perkuliahan baru dimulai pada bulan September, di bulan Agustus telah dimulai kesibukan tersebut. Contoh, kesibukan mempersiapkan daftar ulang dan serah terima pekerjaan kepada teman-teman di kantor. Otomatis, blog ini yang merupakan salah satu sarana saya untuk menyalurkan obsesi berbagi pengalaman tersendat sementara. 
Halte Salemba UI (Copyright: Febri Aryanto)
Tersendat sementara, bukan berarti saya berhenti melakukan perjalanan. Banyak perjalanan disela-sela kesibukan menimba ilmu baru di kampus. Mulai dari perjalanan setelah selesai kuliah, hingga perjalanan ketika liburan semester. Oleh sebab diri pribadi saya yang memang butuh konsentrasi lebih bila menekuni sesuatu, sehingga tulisan untuk blog pun harus mengalah oleh tugas-tugas kuliah. Banyak tugas-tugas kuliah yang menyita waktu. Meski demikian, saya gembira menjalaninya. Mungkin bila saya tuliskan pengalaman-pengalaman sepanjang tahun 2017 hingga tahun 2019, bisa menjadi dua buku. 

Memang penuh warna bagi saya periode tahun 2017 hingga tahun 2019. Tegang, santai, deg-degan, dan sebagainya menjadi komposisi rasa setiap harinya ketika menjalani tahun-tahun tersebut. Banyak sebenarnya yang ingin saya ceritakan, tapi mungkin perlahan akan saya selipkan di publikasi tulisan-tulisan berikutnya di blog ini. 

Kini, wabah Covid-19 tengah melanda dan entah tidak tahu kapan berakhirnya. Bulan depan? Akhir tahun? Atau kapan? Cuma berharap pandemi yang melanda negeri ini segera tiba di halaman terakhir sehingga saya harap tidak terjadi krisis berkepanjangan. Bagi kita (saya dan para pembaca) yang senang menuliskan laporan perjalanan melalui publikasi blog berharap setiap hari agar dapat melanjutkan babak berikutnya dan membagi pengalaman perjalanan melalui publikasi tulisan di blog. Salut untuk para petugas medis yang bertugas di baris depan pada masa pandemi ini. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan. Salam hormat.    

Comments

...